[ UPDATE ] Keterlambatan Pengiriman Sertifikat ETS ke Indonesia

Hallo Titckers! Semoga selalu semangat semuanya. Admin mau ngasih pengumuman nih khusus untuk yang tes pada 28 Januari dan juga yang tes dari tanggal 4 sampai dengan (kemungkinan 21 Februari 2023). Informasi keterlambatan pengiriman sertifikat cetak fisik ini kami terima melalui OSEE (Test Center resmi) dalam bentuk surat cetak resmi yang dikeluarkan oleh Indonesian Internasional Education Foundation (IIEF) yang merupakan lisensor tunggal Educational Testing Service (ETS) di Indonesia.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Sertifikat fisik berjumlah 3 yang terdiri dari certificate of Achievement, ITP Score Report (pink) dan CEFR Score Descriptor (Yellow). Peserta yang mendapatkan 3 berkas tersebut adalah peserta yang skornya diatas 460. Untuk peserta dengan skor dibawah 460 hanya mendapatkan ITP Score Report (pink) dan CEFR Score Descriptor.
  2. Saat ini yang telah kami terima hanya ada 2 berkas saja yaitu ITP Score Report dan CEFR Score Descriptor. Hal ini yang membuat kami belum bisa mengirimkan berkas secara komplit kepada peserta. Ketika sudah komplit kami akan segera mengirimkan sesuai dengan alamat yang telah tercantum pada saat pendaftran.
  3. Keterlambatan ini (biasanya) terjadi karena masa high season, kekurangan kertas dan juga faktor lain yang disebabkan oleh ekspedisi dan lain-lain. Sebagai informasi, sertifikat TOEFL ITP dicetak oleh ETS di Amerika Serikat kemudian dikirimkan ke Indonesia dan diteruskan ke Test center penyelenggara setelah melewati proses pensortiran. Normalnya, estimasi sertifikat akan diterima oleh peserta adalah 14-20 hari kerja (Senin-kamis).
  4. Admin akan memberikan pengumuman ketika sertifikat sudah sampai ke Test Center, peserta diperbolehkan meminta hasil scan sertifikat. Jika peserta dalam jumlah banyak, maka dimohon untuk menunggu sesuai antrian.

Mohon maaf atas segala ketidaknyamanan, dan terima kasih banyak sudah bersedia menunggu. Sebagai bukti resmi dari pemberitahuan ini, berikut ini kami lampirkan surat resmi dari IIEF.