Check Readiness

Apa itu Check Readiness?

Check readiness merupakan tahapan untuk melakukan pengecekan persiapan Test Taker sebelum mengikuti ujian tes TOEFL ITP® Resmi ETS secara online. Langkah ini tidak boleh dilewatkan oleh peserta karena selain menjadi cara untuk memastikan peserta siap, hasil check readiness juga digunakan oleh TOEFL Administrator untuk melakukan verifikasi peserta. Check readiness tidak bermaksud untuk mempersulit peserta, justru akan sangat membantu Test Taker untuk tes secara aman, lancar dan tanpa kendala.

Check Readiness terdiri dari 3 tahapan, yaitu:

  1. Run system Check, pengecekan spesifikasi device yang digunakan
  2. Check Bandwith Internet, pengecekan kecepatan jaringan internet
  3. Download dan Instal TOEFL Secure Browser yang digunakan untuk tes online

Kapan harus melakukan Check Readiness?

Test taker melakukan tahapan check readiness pada H-3 hingga H-2 sebelum tanggal tes.

Apa saja yang harus dipersiapkan?

Test Taker diwajibkan untuk mempersiapkan perangkat dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Laptop minimal Windows 10, Macbook dengan MacOs minimal 10.15 (Catalina), atur setting browser default pada laptop yang digunakan dengan ketentuan sebagai berikut: Windows menggunakan Microsoft Edge; Macbook menggunakan Safari.
  2. Smartphone untuk Zoom Meeting
  3. Headset berkabel non bluetooth
  4. KTP untuk verifikasi
  5. Akses internet dengan kecepatan stabil 1Mbps (700kb atau mendekati)
Check Readiness
  1. Buka link PROGRAM WORKSHOP ETS. Gunakan browser default bawaan laptop Windows=Edge, MACOS=Safari. Pilih menu di bagian kanan atas yaitu Check Readiness.
  2. Pada saat check readiness SKIP THIS STEP pada bagian Link This to Your Institution, kemudian jalankan dignosa pada Run System Check, Test Delivery Check dan Bandwith Check. Fotokan semua hasil pengecekan dan kirim ke Admin melalui Whatsapp (tidak di screenshoot).
  3. Selanjutnya download dan Install TOEFL Secure Browser.
  4. Foto layar yang menunjukkan TOEFL Secure Browser telah terinstal di laptop.
  5. Selanjutnya masuk ke Whatsapp Grup peserta melalui link yang telah dikirimkan via email.

Download Buku Panduan offline:

  1. Pada H-1 Admin akan mengirimkan AKSES LOGIN berupa data Test Taker yang telah terverifikasi dan Student Unique ID. Cek kesesuain data berupa nama, tanggal lahir dan lain-lain. Akses login akan dikirimkan melalui email oleh ADMIN atau Test Taker bisa mengunduh secara mandiri melalui laman AKSES LOGIN TOEFL ITP (jika file telah tersedia)
  2. Lakukan PRACTICE LOGIN melalui TOEFL SECURE BROWSER yang sudah terinstal di laptop. Practice Login merupakan rangkaian latihan untuk masuk ke sistem tes menggunakan data diri dan verifikasi. Selesaikan practice tes sampai ke tahap verifikasi. Jika sudah selesai, Test Taker sudah siap untuk melakukan tes. Pilih EXIT untuk menutup program.
  1. Test Taker masuk ke Zoom Meeting pada pukul 09.20 WIB dan login ke TOEFL Secure Browser pada pukul 09.30 WIB. Test Taker yang login lebih awal akan direject dan bisa berpotensi tidak dapat melanjutkan tes kecuali pengawas memberi ijin untuk melanjutkan tes.
  2. Buka Start My At Home Test pada TOEFL Secure Browser kemudian login dengan data dan Student Unique ID yang telah diberikan satu hari sebelumnya. Lakukan checking dan verifikasi hingga ke tahap “Waiting an Approval”. Proctor akan mengapprove jika data sudah sesuai.
  3. Pilih NEXT untuk memulai tes. Waktu akan berjalan ketika soal pertama sudah muncul. Tes terdiri dari 3 section yaitu Listening Comprehension, Structure dan Written Expression dan Reading Comprehension. Estimasi durasi tes adalah 115 menit.
  4. Selama tes, kamera di laptop dan zoom WAJIB selalu ON. Sistem akan menolak verifikasi Test Taker ketika video streaming tidak berjalan (sebagian besar karena jaringan internet yang down). Proctor atau pengawas akan melakukan paused jika terjadi kendala, dan Test Taker melakukan checking in ulang untuk melanjutkan pengerjaan soal tes yang terakhir dikerjakan.
  5. Proctor memiliki wewenang untuk meminta Test Taker memutar kamera 360 sebelum tes atau ditengah-tengah tes berlangsung. Jika terbukti ada kecurangan, Test Taker akan dikeluarkan dari tes dan dinyatakan FAILED. Test Taker juga dapat di banned dari semua testing ETS. Tidak ada opsi refund untuk Test Taker yang telah dibanned dari program tes.
  6. Jika terjadi kendala (apapun) selama tes, tidak perlu panik. Silakan konfirmasi dengan menyebutkan NAMA melalui grup yang dibuat oleh admin. Proctor akan melakukan paused pada tes Test Taker, selanjutnya Test Taker akan memilih EXIT (sesuai notif yang muncul di layar) kemudian membuka ulang program, login seperti awal dan melanjutkan tes. Waktu tidak akan terpotong selama Test Taker langsung melakukan restart ketika terjadi kendala. Test Taker tidak perlu menunggu respon proctor atau melalui RAISE HAND pada chatbox. Kompilasi Issue yang sering terjadi pada saat tes TOEFL ITP® Digital (online) dapat dilihat pada Frequently Asked Question.
  7. Test Taker bisa langsung mengunduh hasil tes dalam bentuk Unofficial Student Score Report. Ketika tes selesai dan score sudah muncul pilih opsi PRINT-PILIH NAMA PRINTER yang muncul, scroll ke bawah kemudian SAVE AS PDF. Jika terlewat dibagian ini, minta admin mengirimkan hasil tes setelah periode tes berakhir. Tampilan Unofficial Student Score Report sedikit berbeda.
  8. Peserta melakukan tes sesuai pada sesi yang sudah dipilih pada saat pendaftaran. Pemindahan jadwal tes hanya dapat dilakukan mulai H-7 atau maksimal H-2 sebelum tes dengan syarat dan ketentuan berlaku. Peserta yang tidak ada keterangan atau konfirmasi hingga hari H tes, maka dinyatakan FAILED dan tidak ada opsi refund atau pengembalian dana pendaftaran. Refund atau pengembalian dana hanya dapat dilakukan jika tes batal diselenggarakan oleh lembaga karena sesuatu hal yang tidak memungkinkan untuk penyelenggaraan tes. Peserta yang sudah mendaftar tidak dapat membatalkan tes dengan alasan apapun.
  1. Pengerjaan tes dilakukan oleh orang lain**
  2. Pengerjaan tes menggunakan PC atau komputer warnet, terhubung ke dualscreen monitor, smartTV, Mirroring screen, remote access program, headset wireless/bluetooth**
  3. Pengerjaan tes di ruang publik*
  4. Peserta OFF CAM selama tes*
  5. Peserta beranjak atau meninggalkan ruangan dan berbicara dengan orang lain selama tes*

Keterangan:
** = Tes dihentikan, peserta dinyatakan FAILED dan dibanned dari semua program testing ETS

* = Tes dihentikan, peserta dapat dinyatakan FAILED